“Seperti yang kita ketahui, UMKM adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional sekaligus salah satu faktor sangat berpotensi membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat. Maka dari itu, mari bersama-sama kita memberikan dukungan, perlindungan dan pengembangan seluas-luasnya sebagai wujud keberpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat,” pungkas Zulhamdi.
Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Hendri Arulan mengapresiasi upaya PLN Batam dalam meningkatkan softskill para pelaku UMKM untuk dapat bersaing di era digital saat ini.
“Saya berharap dengan adanya Pelatihan Digital Marketing ini UMKM akan semakin mahir dalam memanfaatkan berbagai dunia digital khususnya penggunaan sosial media dan e-commerce untuk memasarkan produknya. Sebab saya yakin kualitas produk UMKM Kota Batam tidak kalah dengan produk lainnya, namun kadang strategi pemasaran yang sering kali masih belum optimal,” beber Hendri.
Sementara itu, Lailatus Sa’adah, salah satu pelaku UMKM pemilik Kripik Pisang Coklat Lumer sebagai salah satu peserta pelatihan mengungkapkan rasa senangnya karena memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan Digital Marketing dari PLN Batam.
“Kami merasa sangat terbantu karena melalui pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan kami dalam menjalankan bisnis, terlebih lagi narasumber yang dihadirkan selalu praktisi atau orang yang ahli dibidangnya. Lewat pelatihan digital marketing ini juga pelaku UMKM bisa memperluas jangkauan pasar. Produksi rumahan bisa punya jangkauan lebih luas. Terima kasih PLN Batam dan BRI,” ujarnya./Red.