Dinas Koperasi, Lubuklinggau Gelar Pelatihan Maneajerial di ikuti 25 Pelaku UMKM

Menurutnya, strategi pemasaran saat ini yang paling efektif adalah strategi digital marketing, sebab pesatnya pekembangan internet yang mencapai 73,3 persen.

Digital marketing menjadi strategi pemasaran paling cepat, efektif, kuat dan dapat menggerakkan perubahan pada banyak sektor yang mempengaruhi perekonomian.

“Selain itu, UMKM harus dapat mengatur arus dana yang berasal dari hutang. Karena, hutang harus digunakan bersifat produkti atau untuk usaha bukan konsumtif. Sehingga penggunaan dana melalui hutang dapat terkontrol dengan baik,” jelas Nobel.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Wiwin Eka Saputra menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong produk UMKM menuju pasar modern dan komoditi ekspor serta dapat meningkatkan kemampuan pelaku UMKM dalam bidang manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan standarisasi.

“Untuk narasumber berasal dari dinas Koperasi dan UKM, Bank Sumsel Babel, Loka POM, Bappeda Litbang serta dari praktisi dari klinik UMKM bersama,” tandasnya.

(Fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *